Ternyata Perempuan Bodoh ada bakat Pintar:)

Minggu yang padat merayap dari sabtu minggu sebelumnya, (Duhh… gimana sehh bahasanya?! ;p) Maklumlah, ‘LAGI-LAGI’ maseh perempuan bodoh yang menulis. Si sosok maya maseh ngumpet juga, kemana yaa?

Hmmm, stop! Bukan sesinya untuk ngebahas si sosok maya. Yux-yux-yux… bahas yang lain aza. Kali ini perempuan bodoh pingin ngebahas tentang defragmentasi otak:)

Sebelum hari itu ada, perempuan bodoh tetap berharap bahwa kotak otaknya punya kapasitas seperti sebuah komputer, dimana punya banyak ruang untuk menyimpan banyak file. Asyik kan kalo perempuan bodoh punya otak komputer, pastee ngga akan di sebut bodoh lagi, haha:p Tetapi gara-gara ikutan ngumpul bareng temen-temen blogger di amprokan blogger, baru sekarang dy sadar bahwa harapannya itu merupakan sebuah harapan bodoh.

Kenapa?

Karena ‘TERNYATA’ Tuhan menciptakan otak manusia dengan kapasitas yang jauuhhhh… lebih besar bahkan jika kapasitas puluhan komputer itu digabungkan jadi satu.

Masa sehh? Yups!

Dalam amprokan blogger itu salah satu pembicaranya adalah Mas Romi, dan dalam seminarnya beliaw mengatakan bahwa sesungguhnya otak manusia itu mempunyanyi mempunyai kapasitas yang tidak terbatas, dan secara umum manusia hanya menggunakan 1% dari kapasitas itu. Panjang lebar mas Romi menjabarkan bahwa otak manusia tersusun dari neuron-neuron yang katanya mencapai 1 trilyunan. Hebatnya, walowpun kecil, konon kabarnya satu neuron dalam otak kita itu memiliki kecepatan pemrosesan yang sebanding dengan satu unit komputer.  Mas Romi juga menceritakan tentang bukunya  Adam Kho yang berjudul “I am Gifted, So Are You”. Dalam buku tersebut ada pendeskripsian bahwa otak manusia itu apabila dituliskan dalam bentuk digital, maka akan menjadi  tulisan sepanjang 10.5 juta kilometer.  Padahal jarak terjauh bumi dan bulan saja sekitar 406.720 kilometer, maka secara hitung-hitungan matematika kapasitas otak kita setara dengan 25 kali perjalanan dari bumi ke bulan. Wooow!!!  Beliau juga menambahkan dari buku lainnya, yaitu “Super Great Memori” dan mengatakan bahwa, jika setiap detik dimasukkan 10 informasi kedalam otak kita sampai 100 tahun, maka otak kita masih belum terisi separuhnya. Subhanallah.

Perempuan bodoh pun merenung, begitu luar biasanya Tuhan menciptakan kapasitas otak manusia, tapi sayangnya kita hanya menggunakan kurang dari 1%nya. Hmmm… Jadi kalo dipikir-pikir, sebenarnya ga ada manusia bodoh di dunia ini, karena tohh kapasitas otak kita sama, jadi daya tangkap kita dapat menerima suatu informasi adalah sama. 

Lalu kenapa perempuan bodoh ini bodoh?

Salah! Bukan bodoh, tetapi kemampuan retrieval (pencarian kembali)-nya memang berada dibawah rata-rata. Sederhananya begini, jika otak diibaratkan sebagai mesin pencari, saat orang mao mencari tentang pondok kecil, maka mesin pencari seperti google akan memuntahkan banyak pondok kecil. Manusia cerdas akan langsung menemukan pencarian yang di maksud pada halaman pertama, sehingga selesai pencarian yang di maksud. Tapi perempuan bodoh mungkin menemukannya di halaman sejuta, artinya… butuh waktu lama bagi perempuan bodoh untuk menemukan pondok kecil yang dimaksud. Dalam hal ini, mas Romi mengibaratkan-nya dengan lebih baik lagi. Beliau mengatakan bahwa kapasitas otak manusia mungkin mencapai 1000 terabyte, dan perempuan bodoh diminta membayangkan, bayangkan seandainya laptop kita berkapasitas 1000 terabyte, pasti lambat melakukan pencarian file, apalagi kalau letak fisik filenya tidak tertata dengan baik alias terpecah-pecah di berbagai tempat dalam harddisk kita.

Trus gimana caranya supaya otak kita mempunyai sistem retrieval yang bagus?

Menurut mas Romi, ada banyak cara komputasi yang bisa dilakukan, paling tidak untuk mengatasi informasi yang tidak tertata dengan baik, misalnya dengan menggunakan tool defragmenter. Defragmentasi? Yups! Mari kita melakukan defragmentasi otak.

Makhluk apa tuhh defragmentasi? Haha… menurut wikipedia , Defragmentasi adalah sebuah proses untuk menangani berkas-berkas yang mengalami fragmentasi internal. Sebuah berkas dikatakan terfragmentasi mana kala berkas tersebut tidak menempati ruangan yang saling berdekatan dalam penyimpanan fisik. Fragmentasi dapat menyebabkan subsistem media penyimpanan melakukan operasi pencarian data yang lebih banyak, sehingga dengan kata lain berkas terfragmentasi dapat memperlambat kerja sistem, khususnya pada saat melakukan operasi yang berkaitan dengan media penyimpanan.

Dan menurut mas Romi pula, ketika kita menerima (misalnya) materi pelajaran, sebenarnya kita semua berhasil menangkap semua yang diajarkan oleh guru atau dosen kita. Namun ada yang kita simpan di bumi dan ada yang terlempar di bulan, inilah yang disebut dengan fragmentasi itu.

Lalu bagaimana caranya kita dapat men-degragmentasi otak kita?

Sederhana saja. Latihan mengingat. Jika kita sulit mengingat, maka kita harus mengulang-ulang setiap yang terserap. Dengan mengulang-ulang setiap informasi terserap, otomatis kita akan ingat dimana kita meletakkan file tersebut dalam otak kita. Istilah mas Romi,  itu sama saja dengan menarik materi yang terlempar di bulan tadi supaya mendekat ke bumi, sehingga lebih cepat ketika kita mencari kembali. Dan ini sesuai dengan yang dikatakan Adam Kho, bahwa orang yang cerdas adalah orang yang neuron-neuronnya saling tersambung (neuron-connection). Semakin banyak hubungan antarneuron, maka semakin cerdas kita dalam suatu bidang. Kecerdasan itu (ternyata) bisa kita latih!

Heyy, ingat… knapa saya disebut sebagai ‘perempuan bodoh’? Itu karena saya terlahir memang tidak cerdas. Tapi karena kecerdasan itu bisa kita latih, mari kita berlatih. Paling tidak berusaha menjadikan diri kita sendiri agak sedikit lebih cerdas dari sebelumnya:)

( adeika, 140310 )

 

Iklan

31 Tanggapan to “Ternyata Perempuan Bodoh ada bakat Pintar:)”

  1. tanpa bodoh, gak akan ada yang namanya belajar
    kita belajar karena kita bodoh 😉

  2. karena alasan kamu benar sekaaaali !

    aku setuju teman..

    kamu punya blog selain blodetik kah?

    fiollow back http://tommycecakar.blogspot.com/

  3. aku setuju tuh ma kamu …emang kita terlahir dalam keadaan pandai dan pintar bukan cerdas tapi juga ada se ynag terlahir cerdas tapi kalo kayak aku se,,,,emmm egek gitu deh,,,moga ajh ntar anakku hee mmmhemm

    http://tommycecakar.blogspot.com/

  4. MAU PINTAR..MAKANYA BELAJAR..MINUM JERUK BIAR PINTAR..hueheheh

  5. he..he..he..alhamdulillah komentator yang bodoh ini dapet ilmu bermanfaat dari perempuan bodoh…trims 😀

  6. Asyik kan kalo perempuan bodoh … tetapi otaknya kyk komputer … ya iyalah ‘gak gaptek … pinter namanya … 😛

    Btw ‘Perempuan Bodoh ini menganut ilmu padi, makin berisi makin ‘tahu diri … tidak mencak2 kyk ‘orang2 pinter yg ngurusin ‘century … 🙂

  7. ih,,,g bdoh,,ah,,dirimu,pintar..tau,,,,
    nice,postingan,,

  8. nice…u’re posting..

  9. whuaaaaa….
    kenapa kok namanya perempuan bodoh siiiiih???
    pinter begene….hihihi…

    Aku aja baru tau….berarti kalo orang yang suka pikun otaknya harus segera di defrag ya?…hihihi…

  10. Hi Perempuan bodoh salam kenal.thanx dah main ke my blog..
    Namamu ajaib mengingatkan aku sama Mr.Bean yang bodoh tapi jenius…sukses ya ..

  11. Hi Perempuan bodoh salam kenal.thanx main ke my blog..
    Namamu ajaib mengingatkan aku sama Mr.Bean yang bodoh tapi jenius…sukses ya ..

  12. Hi Perempuan bodoh salam kenal.thanx main ke blogku..
    Namamu ajaib mengingatkan aku sama Mr.Bean yang bodoh tapi jenius…sukses ya ..

  13. dieka… jangan suka merendah dooonnnggg… bisa posting bagus gini kok bilang bodoh, dasar perempuan bodoh.. hehehhe…. nice post sista,, thanks to share.. 🙂

    iyha.. 🙂
    http//advertiyha.blogdetik.com

  14. BODOH…it just only word….

  15. Sista . . bagus postingnya kenapa bilang kayak gitu . . segala merendah gitu sich .. hahaha. .

    please visit my Blog http://www.kelapabotak.co.cc/ and please leave comment..

  16. […] Sudirman sambil ngibarin tuhh nilai keramat pake tangan kanan.  Seluruh dunia harus taw bukan, kalo ternyata perempuan bodoh bisa pinter juga, halahhh… Tapi rasanya mereka bakal makin yakin kalo saya gila dehh. Akhirnya saya cuma […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: